Membuat Business Plan yang meyakinkan (Bag 3)

Article ini merupakan lanjutan dari bagian sebelumnya :
Bagian 1 dan Bagian 2


Operational Business Plan

Business Plan jenis ini adalah business plan yang merupakan business plan yang paling lengkap diantara jenis lainnya. Ciri khasnya adalah menguraikan kegiatan operasional perusahaan secara detail. Jumlah halaman dari business plan jenis ini bisa minimal 50 halaman sampai ratusan.

Bila sebuah bisnis atau perusahaan sudah jalan dan sehat maka business plan jenis ini sangat cocok untuk mengajukan kredit tambahan ke lembaga pemberi dana misalnya perbankan, atau saat akan melakukan Go Public ke pasar modal. Ini juga cocok bila perusahaan kita ingin melakukan suatu strategic partnership (kerjasama strategis)

Selanjutnya Bagaimana ?

Bila kita telah mengetahui jenis-jenis business plan, maka langkah selanjutnya adalah melihat kebutuhan dari investor kita. Apakah mereka memerlukan business plan yang lengkap atau cukup yang singkat saja tetapi mencakup seluruh ide dari bisnis yang kita ajukan tersebut.

Dan bila kita melakukan presentasi sudah dapat dipastikan bahwa investor akan menanyakan hal-hal yang lebih detail tentang ide bisnis kita. Disana kita sendiri bisa menguraikannya satu persatu.

Contoh dari Format Business Plan

Untuk melihat sampel dari sebuah Business Plan , apa unsur-unsur utamanya, strategi penyajiannya, penekanan pada bagian apa misalnya Executive Summary.

Silahkan Download Disini

A BelajarEkonomi Article
All Rights Reserved

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Business Plan yang meyakinkan (Bag 3)"

Post a Comment