Pasar

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan melakukan transaksi jual beli. Pengertian lain pasar adalah suatu kegiatan yang terjadi timbal balik antar penjual dan pembeli.


Jenis �Jenis pasar :
Menurut Wujudnya :
� Pasar Nyata (konkrit) : terlihat barangnya , terlihat penjual dan pembelinya, secara nyata terlihat transaksi antara keduanya.
� Pasar Abstrak : yakni pasar yang hanya memajangkan contoh barangnya saja.Bisa terjadi di dunia maya seperti amazon.com

Menurut Waktunya :
� Pasar harian
� Pasar mingguan
� Pasar bulanan
� Pasar tahunan

Menurut ruang lingkupnya :
� Pasar lokal
� Pasar dalam negeri
� Pasar regional
� Pasar internasional

Bentuk-bentuk pasar dapat diklasifikasikan sebagai :
� Pasar Persaingan Sempurna
� Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna
Yaitu pasar dengan karakteristik :
� Banyak pembeli dan penjual
� Barang bersifat homogen
� Pembeli bebas membeli produk
� Pembeli dan penjual memiliki informasi sempurna tentang pasar
� Produsen/penjual bebas keluar masuk

Kelebihan pasar persaingan sempurna
� Biaya setup tidak mahal sehingga penjual mudah keluar dan masuk pasar
� Barang tersedia banyak
� karena informasi cukup, penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimal

Kelemahanya :
� Penjual tidak bisa memaksimalkan harga karena ditentukan pasar
� Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal

Pasar persaingan tidak sempurna

Pasar Oligopoli
Yaitu pasar dimana penawaran satu jenis barang dilakukan hanya oleh beberapa perusahaan saja. Contohya : pelaku pasar telekomunikasi (operator telepon seluler)
Ciri-ciri pasar oligopoli
� Banyak pembeli
� Hanya beberapa penjual
� Barang bisa homogen atau heterogen
� Ada saling ketergantungan
� Ada hambatan untuk masuk pasar (barrier to entry)
� Penggunaan iklan yang intensif

Pasar Monopoli
Penawaran satu atau beberapa jenis barang hanya oleh satu perusahaan saja. Contoh : PLN untuk listrik, PT Pos Indonesia utk jasa pos.
Ciri-cirinya :
� Terdapat banyak pembeli
� Terdapat satu penjual
� Hambatan masuk pasar
� Produk monopolinya tidak ada substitusinya

Pasar Duopoli
Penawaran satu barang dikuasai oleh dua perusahaan saja.
Persaingan Monopolistic
Adalah pasar dengan banya penjual yang menawarkan satu jenis barang dengan deferensiasi prouk yang berbeda-beda dari segi kualitas, bentuk dan ukuran .Contoh indutri farmasi
� Terdapat banyak penjual
� Jenis barang yang dijual berbeda
� Produsen dapat mempengaruhi harga
� Produsen lain mudah memasuki pasar.
� Promosi penjualan aktif

Oligopsoni
Adalah pasar dimana pembelian suatu barang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Contoh perushaan telekomunikaai saat membeli infrastruktur telekomunikasi

Monopsoni, hanya satu pembeli sehingga bisa menentukan harga.contoh KAI membeli infrastrukstruktur kereta api

Duopsoni , pembeli hanyalah dua perusahaan .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pasar"

Post a Comment